Perlindungan Terhadap Lingkungan (UDARA)


Ayo Kita Jaga
UDARA Tetap Segaaar!

Ringkasan Materi
Benda apa yang sangat berharga, Jika beberapa menit saja kita tidak dapat benda itu, pasti kita akan mati? Dan benda itu gratis loh!

Jawabannya : UDARA!

Kita mungkin jarang merenungkan nikmat Allah yang satu ini. Pernahkah kita membayangkan seandainya kita sulit membuang udara alias kentut. Sebab di saat itulah betapa perlunya kita mensyukuri nikmat Allah yang berupa UDARA.

Nah, di sini kita akan mempelajari arti penting udara bagi kehidupan, faktor yang dapat menyebabkan pencemaran udara, dan cara menjaga udara agar tetap segar.

Jika  udara makin tercemar, pohon terus ditebangi hingga tidak ada lagi pohon yang dapat mengolah udara kotor menjadi udara bersih, mungkin suatu saat nanti udara bersih sulit didapat. Bahkan bukan mustahil suatu hari nanti udara untuk bernapas tidak gratis lagi.




 Paru - Paru Dunia
Alhamdulillah, Allah menakdirkan kita hidup di bumi. Bayangkan jika kita hidup di planet venus yang suhunya 480 derajat, 5 kali lebih panas dari air mendidih. Pasti tubuh kita hangus terbakar. Planet - planet lain pun tidak memiliki atmosfer, sehingga tidak ada udara yang tersedia untuk kita bernapas.

Di planet bumi ini Allah menyediakan udara yang berlimpah. Setiap hari ada ribuan liter oksigen kita hirup.Udara itu diolah di dalam tubuh kita untuk kemudian dikeluarkan lagi sebagai karbondioksida. Bayangkan ada 5 miliar manusia di bumi ini yang menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Jika karbondioksida itu tidak diolah, maka udara kita akan dipenuhi karbondioksida.

Untung Allah menciptakan pohon  yang siap untuk mengolah karbondioksida menjadi oksigen untuk kita hirup kembali. Hutan - hutan tropis yang tumbuh di Indonesia, Brazil dan beberapa negara Afrika menjadi Paru -paru dunia yangmengolah jutaan liter udara kotor menjadi udara segar.

Tapi sayang sekali, banyak manusia yang srakah, demi keuntungan sesaat. Mereka membabat hutan tanpa menghitungkan akibatnya di masa mendatang.

Rasul selalu berpesan
kepada bala tentara muslim,
walaupun dalam berperang,
mereka dilarang merusak
pohon atau tumbuhan.



 Bumi Semakin Sesak dan Panas
Orang sedunia merasakan bahwa udara semakin panas dan pengap.Semua itu karena udara semakin kotor. Jumlah kendaraan bermotor terus bertambah dengan pesat yang menghasilkan gas buangan, ditambah lagi asap dari cerobong pabrik. Semua gas itu membumbung ke udara membentuk lapisan udara pekat. Akibatnya panas sinar matahari yang masuk, sulit memantul lagi keluar, panas matahari terjebak di udara kita. Itulah yang disebut dengan efek rumah kaca yang menyebabkan pamanasan global.

Suhu panas yang meningkat di seluruh permukaan bumi dapat menyebabkan es di kutub mencair. Akibatnya permukaan air di seluruh dunia akan naik. Daerah - daerah di tepi pantai seperti Bali, Singapura, bahkan Jakarta  bisa tenggelam tidak berbekas.

Untuk mencegah semua itu terjadi, akhir tahun 2007 di Bali, PBB menggelar Conference of Party 13 tentang United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC). Konferensi ini menghasilkan Peta Jalan Bali (Bali Road Map) tentang komitmen semua negara peserta konferensi untukmemerhatikan isuperubahan iklim dan pemanasan global. Semua orang sedunia termasuk diri kita pribadi harus ikut serta memperbaiki keadaan ini.



Pohon Untuk 1 Orang
Berapa banyak pohon yang dibutuhkan untuk menyuplai oksigen bagi satu orang?

Pertama - tama, kita harus menghitung berapa banyak oksigen yang dibutuhkan oleh satu orang. Menurut perkiraan John Roden, dosen Biologi dari Souhern Orogon University, manusia membutuhkan sekitar 130.000 liter oksigen per tahun. Pohon tidak hanya memproduksi oksigen, tapi juga mengkonsumsinya. Pada hutan hujan tropis, rata - rata pohon menghasilkan 273.000 liter oksigen per tahun.

Sebaliknya, sebatang pohon pinus hanya menghasilkan 6.000 liter oksigen per tahun. Jadi, dibutuhkan 21 pohon pinus untuk menyuplai oksigen bagi satu orang. Sedangkan sebatang pohon di hutan tropis dapat menyuplai oksigen untuk dua orang. Karena itu, kali berikutnya saat kita melihat pohon, bernapaslah dalam - dalam dan bersyukurlah.
 




Tips Menjaga Udara
  1. Tanamlah pohon setiap hari kelahiranmu. Setiap pohon yang kamu tanam adalah tabungan masa depan. Pohon - pohon itu akan menjadi pabrik pengolah udara, bukan hanya untuk diri kamu sendiri, akan tetapi untuk orang lain juga. Jangan lupa untuk menyiram dan memeliharanya. Ajaklah teman dan keluargamu untuk melakukan hal yang sama. Semakin banyak orang menanam pohon, semakin besar peluang kita untuk memperbaiki lingkungan.
  2. Gunakanlah kertas sehemat mungkin. Karena kertas yang kita gunakan berasal dari pohon - pohon di hutan. Semakin banyak kertas yang kita gunakan semakin banyak pohon yang ditebang.
  3. Bersikaplah bijak dalam menggunakan kendaraan bermotor jika benar - benar diperlukan. Akan lebih baik jika menggunakan sepeda. Jika kamu pengguna sepeda motor, pastikan mesin dirawat dengan baik, agar gas buangan sepeda motormu tidak merusak lingkungan.
Artikel Dikutip Dari Berbagai Sumber

1 komentar: